Kecerdasan Emosional

CERDASKAH EMOSI KITA ?

Kualitas kecerdasan emosi merupakan kwalitas kecerdasan  yang didasarkan atas kemampuan pengendalian diri dan kemampuan memahami makna yang lebih luas sehingga diperoleh HIKMAH. Begitu pentingnya kemampuan orang dalam mngelola dan mengendalikan kecerdasan ini (EQ), sehingga dewasa ini banyak lembaga menggunakannya sebagai salah satu syarat dan catatan penting dalam rekrutmen untuk partner dalam berbagai hal.

PIKIRAN BAWAH SADAR

Disadari atau tidak hidup kita selalu dipengaruhi oleh dua kekuatan yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Boleh percaya atau tidak, sebagian ahli berpendapat bahwa dalam kehidupannya manusia dipengaruhi kurang lebih 12% Pikiran sadar, dan 88% pikiran bawah sadar + lain-lain. Percayakah anda???

Hal yang mempengaruhi pikiran alam bawah sadar :

1. Apa yang kita lihat

Apa yang kita lihat disadari atau tidak akan membekas dalam kesadaran dan alam bawah sadar manusia. Pengalaman visual positif akan berpengaruh baik pada alam bawah sadar, sebaliknya pengalaman negatif justru dapat mengganggu aktivitas hidup manusia itu sendiri. Bagaimana tips mengeliminir pengaruh pengalaman-pengalaman visual yang negatif? Untuk menjernihkan pikiran bawah sadar dari hal-hal negatif yang kita lihat bisa diakukan dengan : dengan tafakur / iktikhaf >>>> ingat peristiwa negatif yang kita lihat, kemudian >>iklaskan>> pasrahkan pada Alloh swt.

2. Apa yang kita dengar

Indera pendengaran juga merupakan penyumbang besar dalam memberi pengaruh pada kejernihan hati dan pikiran kita. Untuk menjernihkan efek negative pengalaman dari apa yang kita dengar dari alam bawah sadar : Munculkan kembali apa-apa yang kita dengar>>>ikhlas>>> Pasrahkan pada alloh SWT

3. Kata yang kita sampaikan/kita keluarkan

Kata yang kita keluarkan adalah cerminan dari hati dan pikiran kita sehingga  akan mempengaruhi pula kejernihan dari alam bawah sadar terutama kalau yang kita katakan itu hal-hal yang negative. Mengapa tuhan menciptakan cuma satu lobang mulut pada manusia? mengapat 2 telinga? mengapa ada 2 mata? Hal ini adalah pembelajaran buat Manusia bahwa kita harus lebih banyak belajar, mencari dan menerima pengetahuan melalui dua mata dan dua telinga kita, serta sedikit berbicara. bener ga ya…. Makin banyak bicara maka kita akan makin banyak pula kesalahannya. Pernahkah kita marah-marah pada seseorang? Apa yang kita dapat dari marah? menurut anda banyak manfaat atau madharatnya? Oke, sebelum anda marah sebaiknya anda perlu tahu sebagai berikut :

SYARAT-SYARAT MARAH :

1)      SASARAN TEPAT/ SUDAH TEPAT SASARAN

2)       PORSINYA SESUAI

3)      WAKTUNYA TEPAT

4)      MENGERTI TUJUAN MARAH

5)      MENGERTI CARA MARAH

6)      KALAU 1 s/d 2 SULIT MAKA: DITUNDA SAJA UNTUK MARAH

“ORANG SHOLAT membentuk sudut 360 derajat = satu lingkaran penuh=> kosong dalam khusuk menghadap Allah swt.>>.. 900 ruku+ 2 x 450 sujud = 1800 x 2 rakaat = 3600″”

greencanyon 2012_tripcom

PENGELOLAAN PROBLEM

Anda sedang banyak Problem dalam hidup ? Masalah pada hakekatnya ada 2 macam:

Satu komentar pada “Kecerdasan Emosional”

Tinggalkan komentar